:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Friday, June 10, 2016

KEMBANG GOYANG

Puasa hampir seminggu dan sebentar lagi Lebaran (yaiyalah).  Selama 8 tahun tinggal di daerah Kelapa Dua Kebon Jeruk Jakarta Barat ini saya baru tahu bahwa Kembang Goyang adalah salah satu makanan tradisi orang Betawi untuk suguhan Lebaran.  Walaupun tinggal di kompleks perumahan (Perumahan Departemen), rumah saya ini dikelilingi oleh mayoritas orang Betawi Asli.

Apalagi bulan puasa gini banyak yang jual makanan menjelang jam berbuka puasa.  Dan saya sering lihat Kembang Goyang ini banyak dijual di pinggir jalan berbarengan sama yang jual hidangan buka puasa. Dikemas dengan plastik besar.

Dannnnn mari kita bikin sendiri si Kembang Goyang alias Shaking Flower, kalo kata Neng Peya ABG saya hahaha... 4 tahun yang lalu saya pernah bikin dengan ukuran cetakan paling besar dan ternyata hasilnya besar banget. Kali ini saya coba bikin yang ukuran paling kecil dan ternyata cocok untuk sekali happ.