:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Sunday, March 20, 2016

KILLER SOFT BREAD

Ikutan yang lagi keKINIan yaitu Killer Soft Bread alias Roti Lembut si Pembunuh hahahah horor ya namanya.  Roti ini lagi nge-trend banget di kalangan group baking dan juga di Instagram. Biasanya bikin roti pakai resep standar tapi di si Killer ini bener-bener menggoda ku untuk mencobanya.

Biasanya saya membuat roti resepnya 500 gram tepung terigu tapi resep si Killer ini hanya separuhnya, hanya butuh 260 gram tepung protein tinggi.  Dan ini adalah hasil Killer Soft Bread bikinan saya menggunakan Mixer BOSCH pastinya. Terus terang saya nggak pernah manual menguleni roti, capek dan belum tentu bisa kalis elastis adonannya, sayang tenaganya, mending untuk mengerjakan hal lain yang pasti-pasti aja deh :))

Rotinya menul-menul ya. Dari hanya 260 gram tepung terigu bisa didapat roti sebanyak ini. Roti yang Burger Bun ini masing-masing 60 gram dan yang loyang bulat total adonan 100 gram per loyang.

Sebagai informasi, terigu protein tinggi yang khusus digunakan untuk membuat roti hanya sekitar Rp. 11,000 merk CAKRA KEMBAR dari Bogasari (dijual kemasan per 1 kilogram). Dan jika hanya dipakai 260 gram kira-kira menghabiskan uang Rp. 3,000 ditambah bahan lain-lain modalnya tidak sampai Rp, 10,000 WOW... tapi harga jual roti di pasaran minimal Rp. 7,000 jadi terbayang dong ya untung besar untuk pengusaha roti :))

Daripada kita memperkaya pengusaha roti yang memang sudah kaya, mari kita bikin roti sendiri.  Roti homemade yang kita buat sendiri pastinya lebih sehat apalagi untuk keluarga, karena roti homemade buatan rumah :
- tanpa bahan pelembut
- tanpa bahan pemutih
- tanpa bahan pengawet dan tanpa bahan kimia lainnya

Kita tidak perlu menambahkan bahan-bahan kimia tersebut.  Asalkan adonan roti nya Kalis dan Elastis alhasil rotinya lembut tidak kalah dengan roti Sari Roti dan roti Bakery lainnya.  Dengan menggunakan MIXER BOSCH dijamin anda bisa membuat adonan roti yang kalis dan elastis.


Serat rotinya seperti ini, lembut tapi tetap kokoh alias nggak kempes. Penambahan gula sebanyak 10 gram (menjadi total 40 gram) membuat seratnya beda dari Killer Soft Bread lainnya.  Next time saya coba tanpa penambahan gula ya dan kita buktikan apakah seratnya bisa panjang ?


Resepnya ada di : Resep Dapurnyasaya