:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Thursday, April 18, 2013

Bolu Kukus Pecah Merekah

Puji Tuhan, Bolkusku mekrok pecah merekah. It's amazing, gak sangka, iseng pagi ini bikin Bolkus resep Bu Lisa Basuki.  Rasanya enak, manisya pas, lembut, empuk, pokoknya patut anda coba. 

Bolu Kukus sempat bikin aku trauma, jadul bikin sukses, tapi udahannya bikin lagi dan lagi dengan resep dan cara yang sama, gagal dengan sukses setelah itu males banget coba lagi.

Tapi akhirnya tergoda sama resep ini, menurut Bu Lisa beliau pernah bikin 700 pcs berhasil semuaaa dan kata temen2 yang udah praktek, mereka sukses semuanya, pun buat yang pertama kali baru bikin pada sukses. Makasih Bu Lisa Basuki yang udah share dan juga Vie, temen NCC n temen BBG NCC Jakarta Barat Kebon Jeruk dsk.
 

 
Bolu Kukus Pecah Merekah (horeee)
By Lisa basuki
 
Bahan :
2 btr telur (100 gr)
250 gr gula kastor (atau gula biasa yang diblender, lala pakai Gulaku yang kemasan hijau)
1 sdt ( 8 gr ) emulsifier / SP
250 gr tepung terigu Kunci Biru atau tepung rendah protein lainnya
50 gr maizena ( boleh diabaikan, tapi tambahkan tepungnya sejumlah 50 gr )
200 cc air biasa / air kelapa / susu / santan
1 sdt Essence Vanilla
2 sdm Pasta Coklat atau pewarna sesuai selera


Cara Membuatnya :
- Siapkan cetakan dan alasi dengan paper cup.
- Panaskan kukusan
- Kocok telur, gula kastor dan emulsifier sampai kental, kalau sudah terasa berat, masukan sebagian cairan sedikit demi sedikit
- Masukkan tepung terigu dan sisa cairan berselang seling, mixer terus sampai rata
- Ambil 1/3 bagian adonan dan beri pasta coklat, aduk rata, sisihkan
- Sisa adonan putih diberi essence vanilla, sisihkan.
- Isi cetakan dengan adonan putih 1/2 bagiannya, penuhi sisanya berselang seling dengan adonan coklat dan putih menggunakan piping bag (plastik segitiga), sampai 7/8 tinggi paper cup/cupcase
- Kukus dalam klakat dengan panas tinggi selama 15 menit untuk cetakan kecil, dan 20-25 menit untuk cetakan besar.


Tips pembuatan Bolu Kukus supaya mekar  :
  • Ikuti proses pembuatannya. Bahan-bahan dikocok hingga mengembang dan kental, terlihat pada saat disendokkan ke adonan dan dijatuhkan maka adonan akan terlihat berjejak/ada jejaknya 

  • Untuk menghilangkan bau amis telur pada bolu gunakan 1 sendok teh vanila ekstrak atau essens vanila, atau esens/perasa, maka bolu kukusbya akan harum bebas bau amis.
  • Isi adonan hingga mencapai mulut kertas cup. Isi penuh cupcase/cup kertas.
  • Kukus bolu dalam klakat yang telah dipanaskan sebelumnya hingga mendidih menggunakan api besar. Jangan isi air klakat terlalu tinggi hingga mencapai saringannya, karena air yang meloncat-loncat saat mendidih dan mengenai bagian dasar cetakan akan membuat bagian bawah kue menjadi bantat.
  • Klakat harus dalam kondisi benar-benar panas, karena uap air yang panas ini yang akan membuat bolu mampu mekar dengan baik.
  • Jangan isi bolu terlalu banyak di dalam klakat agar uap yang dihasilkan bisa digunakan maksimal untuk masing-masing bolu. Sebaiknya kukus bolu bertahap dibandingkan semua cetakan dimasukkan ke dalam kukusan.
  • Umumnya bolu dikukus selama 15 menit menggunakan api yang besar.  Cek air yang tersisa diklakat ketika bolu telah matang, tambahkan air jika kondisinya berkurang.
  •