:: welcome to dapuRnyasaYa::

:: welcome to dapuRnyasaYa::

Thursday, June 22, 2017

KUKIS ULAT/CATERPILLAR Cookies

Masih musim Ulat nih bu ibu hihiii sejenis hama yang merusak daun-daun.  Ini daun tanaman saya juga rusak akibat dimakan ulat.


Resepnya pakai Resep Fah Umi Yasmin yang viral itu.. silakan cek di : Resep Dapurnyasaya

Friday, June 9, 2017

KUKIS ULAT

Ikutan yang lagi kekinian,  adonan Semprit dibuat jadi Ulet atau Ulat hahaha...

Monday, May 22, 2017

KEMBANG GOYANG

Mau masuk bulan puasa ya bu-ibu ... udah siap-siap bikin kue kering atau suguhan untuk Lebaran ? hehehe.. ini saya lagi iseng bikin Kembang Goyang Pandan Wijen.  Kebetulan minggu lalu bikin sendiri juice pandan dan suji. Jadi ini warna hijaunya ASLI tanpa pewarna apapun. Takaran daun pandan dan sujinya bebas aja tapi kalau saya bikin yang kental. Jadi airnya sedikit biar jadi extract pandan suji.  Saya pakai bantuan mesin blender dan disaring.

Ini hijaunya cantik ya, hijau alami dari daun pandan dan daun suji dan sengaja nggak saya tambahin vanili karena daun pandan nya udah wangiii.

Resepnya sudah ditulis ya dan ada disini klik aja


Friday, May 12, 2017

Cupcake/Bolu SOSIS KEJU


Selain Roti Gambang, saya juga bawa Bolu atau Cupcake Sosis Keju untuk kumpul-kumpul kemaren sama temen-temennya Pak Vembri ex Kantor Pajak Tambora JakBar ^^ Jadinya klop kan ya manis dan asin. Resepnya ada disini ya klik aja

ROTI GAMBANG

Ini kali kedua saya bikin ROTI GAMBANG alias Roti GANJEL REL kalo orang-orang di Semarang bilang. Karena memang ini bukan seperti roti biasa tapi teksturenya keras dan wangi khas cinnamon alias kayu manis. Resep sudah pernah saya tulis yah klik aja

Ini saya bikin agak kecilan hanya @ 30 gram karena sebelumnya saya bikin kegedean kalau masing-masing 75 gram. Lumayan bawa ini utk potluck kemarin di acara kumpul-kumpul sama temen-temennya Pak Vembri ex Kantor Pajak Tambora ^^


Wednesday, May 10, 2017

FUDGY BROWNIES

Iyesss berhasil bikin Brownies Panggang dan munculin Shiny Crust alias lapisan retak-retaknya hihiiii jingkrak jikrak ..  Udah gitu dulu ya pemirsah, saya mau ke pasar dulu karena udah kesiangan dan mendung sementara bahan-bahan makanan pada habis ... trus nanti mau ke kantor SICO dan mau ke kantor Batik Air. 


Thursday, April 27, 2017

Homemade CHOCO MUFFIN

Pernah bikin Muffin udah lamaa banget, dan sekarang baru bikin lagi gara-gara liat ada Muffin seliweran di instagram.  Biasanya bikin Muffin nggak pakai mixer ya hanya aduk-aduk bahan, tapi di resep ini Muffin nya dibuat pakai bantuan mixer dan hasilnya sih enak tapi nggak mirip Muffin yang luarnya keras dalamnya empuk.  Ini hasil jadinya seperti kue Bolu yang lembut, tapi nggak papa kok yang penting sudah mencoba dan hasilnya enak, swear deh 👅

Hasil jadi ada 11 pcs Muffin mau saya kasih buat oleh-oleh Kak Nisa dia pembimbing anak saya di Bimbel.  Resep menyusul ya pemirsah .. karena jam 17 saya harus berangkat ketemu Kak Nisa.

Saturday, April 15, 2017

CATERPILLAR BREAD

Saya nih masih penasaran sama cara ngebentuk Caterpillar Bread alias roti bentuk ulat ini. Perasaan liat punya orang lain keren-keren 😎 tapi punya saya kliatan aneh. Semalam bikin lagi untuk camilan Sabtu ini karena si pak Vembri ini perasaan saya sejak keluar dari RS kok bawaannya laper terus.
Daripada makan roti beli alias roti bermerk kok rasanya berdosa ya, karena roti beli itu pasti pakai pelembut, pengembang dan pengawet ihhh ngeri pokoknya... mana tega ya kita meracuni keluarga dengan makanan berbahan kimia tersebut. Mana mungkin roti tanpa pengawet bisa bertahan seminggu ? karena kalau saya bikin maximal 3 hari saja dan hari ke 4 sudah mulai berjamur. 

Bikin roti nggak pakai lama gak pakai ribet, tengah malem tinggal siapin bahan dan keluarin si MAS BOSCH yang bantuin saya ngulenin roti. Tinggal cemplang-cemplung, tunggu selama 15 menit sampai adonan kalis dan elastis, bentuk2 sebentar, fermentasi 1 jam dan siap dioven dan pagi udah bisa dinikmati deh...

Praktis kan ? ngapain capek-capek ngulen bikin roti dan hasilnya belum tentu kalis elastis mending yang pasti-pasti aja pakai MIXER BOSCH. Bikin roti sendiri selain aman, bersih dan sehat pastinya juga murah karena dengan hanya 500 gram tepung terigu bisa dihasilkan sekitar 18 pcs roti masing2 ukuran adonan 50 gram. Dengan modal tidak sampai Rp. 50ribu didapat roti homemade ukuran besar.


Kalau mau tanya-tanya cara bikin roti pakai MIXER BOSCH ayo kontak saya aja di WhatsApp saya 08129075313


Walaupun bentuknya aneh dah kurang cantik yang penting rasanya enak, teksturnya lembut tanpa bahan kimia seperti pelembut, pengembang dan pengawet ya bu ibu 😊.

"Happiness is homemade"
"Happiness is the best"

Saturday, April 8, 2017

ROTI topping coklat retak-retak

Sebenernya saya bingung ngasih judul roti ini. Aslinya dinamakan roti jamur yang bentuknya bulat dibuat pakai cetakan muffin dan setelah matang bentuknya mlenuk seperti jamur dan atasnya dikasih topping coklat seperti ini.  Tapi berhubung saya punya mainan baru alias loyang baru ya pakai loyang baru ajalah... Loyang ini sempat ngetrend di instagram dan saya pun tergoda untuk memilikinya 😂 Udah tenang saya udah dapat yang selama ini dicari, karena kalo punya suatu keinginan n belum tercapai saya akan cari terusss sampai dapat dan Puji Tuhan dapat juga.

Roti ini pakai resep roti biasa aja, saya biasa pakai Resep Killer Soft Bread. Yang nguleni asisten saya yaitu si MIXER BOSCH cuma butuh 15 menit aja adonan bisa kalis dan elastis. Daripada capek-capek nguleni sendiri dan belum tentu hasilnya kalis dan elastis, sayang tenaga kita loh bu. Dan yang bikin beda dari roti ini adalah toppingnya ya, berikut resep toppingnya : 

Untuk adonan roti dengan tepung 500 gram takaran bahan toppingnya adalah sbb :

2 sendok teh tepung beras
2 sendok teh coklat bubuk
4 sendok teh air

campur semua dan oleskan diatas permukaan roti menjelang roti akan dioven,